Rabu, 03 Juni 2015

10 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nangka. Nangka adalah salah satu jenis buah-buah tropis, dapat dicirikan dengan bentuknya yang unik, ukuran dan rasa buah yang mampu membuat kita ingin menikmatinya lagi dan lagi. Buah ini seperti buah tropis lainnya seperti durian, pisang, dll. yang rasanya manis dan juga kaya akan serat, mineral, vitamin  dan bebas akan lemak jenus atau kolesterol.

Pohon nangka memiliki ukuran sedang kira-kira dapat mencapai 20 m tingginya, walaupun ada yang mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, sampai berdiameter sekitar 1 meter. Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai.

Kandungan daging nangka yang kaya akan serat ternyata sering dijadikan sebagai bahan perasa untuk permen, kue, puding atau makanan lainnya. Selain itu nangka pun sering dijadikan sebagai bahan pokok dalam sayur nangka. Nama ilmiah buah ini adalah Artocarpus heterophyllus, nah dibawah ini adalah daftar kandungan nutrisi dari buah nangka.



Kandungan Nutrisi Pada Buah Nangka


Buah Nangka memiliki kandungan nutrisi yang melimpah dan tentunya berguna untuk kesehatan kita. Selain kandungan vitamin C ada beberapa vitamin yang terkandung dalam buah nangka ini. Anda ingin tahu? nah berikut ini daftar kandungan nutrisi dalam buah nangka per 100 gram (Source: USDA National Nutrient data base)

Energi
95 Kcal
Karbohidrat
23.5 g
Protein
1.72 g
Lemak
0.64 g
Kolesterol
0 mg
Serat
1.5 g
Vitamin
Vitamin A
110 IU
Vitamin B1
0.105 mg
Vitamin B2
0.055 mg
Vitamin B3
0.920 mg
Vitamin B6
0.329 mg
Vitamin B9
24 µg
Vitamin C
13.7 mg
Vitamin E
0.34 mg
Elektrolit
Sodium
3 mg
Kalium
303 mg
Mineral
Kalsium
34 mg
Zat Besi
0.60 mg
Magnesium
37 mg
Manggan
0.197 mg
Fosfor
36 mg
Selenium
0.6 mg
Zic
0.42 mg
Phyto-nutrients
Carotene-ß
61 µg
Crypto-xanthin
5 µg
Lutein-zeaxanthin
157 µg

Manfaat Buah Nangka


Setelah mengetahui apa saja kandungan nutrisi dalam buah nangka ini, alangkah baiknya juga kalau kita mengetahui manfaat buah nangka yang baiik untuk kesehatan kita. Berikut ini adalah 10 manfaat buah nangka yang dilansir Fitness World.

1. Menangkal Radikal Bebas dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Anti-oksidan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas ini. Vitamin C adalah anti-oksidan alami, radikal bebas ini telah dikaitkan dengan proses alami seperti penuaan, kerutan kulit, peningkatan kerentanan terhadap infeksi dan penyakit dan kondisi yang lebih serius seperti kanker dan tumor.

Nangka merupakan sumber yang sangat baik karena kadar vitamin C yang tinggi 13.7 mg per 100 gram. Penelitian telah menunjukkan bahwa Vitamin C adalah anti-oksidan yang lebih baik dari senyawa seperti Meth anol dan Etanol. Hal ini membuat vitamin C sangat efektif melawan radikal bebas dalam tubuh dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

2. Sumber Energi Yang Tinggi
Jika anda mencari sumber energi yang tinggi, buah nangka merupakan salah satu yang banyak mengandung karbohidrat yang tinggi dan kalori yang tinggi pula. Dan kandungan gula seperti fruktosa dan sukrosa yang mudah dicerna oleh tubuh kita.

3. Menjaga Tekanan Darah dan kesehatan kardiovaskular
Kalium merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam mengatur tekanan darah. Kekurangan kalium bisa membuat kadar natrium Anda lepas kendali yang menyebabkan kerusakan besar ke jantung dan arteri. Selain fungsi ini, kalium bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan dan menjaga fungsi otot yang meliputi otot-otot jantung juga.

4. Meningkatkan Fungsi Pencernaan
Ketika Anda membuka Nangka dan lihatlah daging, itu jelas menunjukkan banyak serat lembut. Nangka memiliki 1,5 gram serat per 100 gram porsi yang dianggap baik. Serat makanan membuat untuk pencahar yang menambahkan massal untuk tinja dan melunakkan mereka. Oleh karena itu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit.

5. Mengurangi Resiko Usus Besar.
Kanker usus besar disebabkan ketika ada kerusakan pada usus besar pada tingkat sel dan sel-sel berubah terus membelah dengan cepat bahkan ketika tidak ada persyaratan dari sel-sel baru. Akhirnya mereka menghancurkan sel-sel normal dan juga cenderung untuk melakukan perjalanan ke bagian lain dari tubuh melalui aliran darah. Kanker usus besar muncul dalam tahap awal sebagai polip pada lapisan usus dan mengambil bentuk kanker penuh sesak nafas karena berlangsung.

Buah-buahan seperti nangka yang tinggi pada anti-oksidan membantu untuk membersihkan racun dari usus besar, menjaganya agar tetap dalam kondisi yang baik dan sehat. Meskipun tidak mengobati kanker itu sendiri tapi pasti dapat membantu dalam mengurangi risiko mengembangkan kondisi ini.

6. Vitamin A untuk Visi dan Melindungi Mata
Nangka mengandung Vitamin A dan setara dalam bentuk Beta Karoten dan Lutein Zeaxanthin. Beta karoten akan disintesis dan mengubah dirinya menjadi Vitamin A. Vitamin A adalah nutrisi penting untuk kesehatan mata. Ini adalah anti-oksidan yang meningkatkan visi dan melindungi mata.

7. Kulit Kesehatan dan Penuaan:
Penuaan disebabkan karena faktor alam seperti peningkatan usia. Namun karena polusi, radiasi UV dan penuaan gaya hidup tidak sehat yang mengetuk pada usia dini dan maju lebih cepat dari alam. Penyebab utama penuaan adalah radikal bebas yang diproduksi dalam tubuh kita karena stres oksidatif yang tinggi disebabkan karena polusi. Buah diet termasuk yang kaya antioksidan seperti Nangka telah terbukti untuk menghancurkan radikal bebas untuk memperlambat proses penuaan.

Makan Nangka juga membuat kulit lembab dan terhidrasi dengan baik karena tingkat tinggi kandungan air di dalamnya. Air mengurangi kekeringan dan meminjamkan penampilan kenyal pada kulit wajah Anda. Hal ini semakin mengurangi keriput ringan dan garis-garis halus pada kulit sehingga tampak lebih muda dan bersinar.

8. Asma
Dengan peningkatan polusi dan kekebalan melemah, jumlah kasus asma yang dilaporkan meningkat setiap tahun. Nangka telah terbukti bermanfaat bagi pasien asma. Asma menunjukkan gejala seperti kesulitan ekstrim bernafas, mengi dan serangan panik yang menyertainya. Ini adalah kondisi kronis dan tidak benar-benar memiliki obatnya, tetapi perlu dikelola dengan obat-obatan dan diet hypoallergenic.

Nangka dan ekstrak yang kini sedang dieksplorasi untuk mengobati asma dan mengendalikan gejala. Merebus akar Nangka dan memakan diketahui untuk meringankan gejala asma.

9. Kesehatan Tulang
Nangka mengandung jumlah tinggi kalsium yang memperkuat dan meningkatkan kesehatan tulang yang sehat. Tulang penyakit terkait lainnya seperti Arthritis, Osteoporosis juga dapat dikelola dan dicegah dengan konsumsi musiman biasa Nangka. Tinggi kalium dalam Nangka lanjut mengurangi hilangnya kalsium melalui ginjal sehingga meningkatkan kepadatan kalsium dalam tulang dan memperkuat itu.

10. Anemia
Anemia adalah suatu kondisi yang didefinisikan oleh penurunan sel darah merah (RBC) atau Hemoglobin dalam darah di bawah tingkat minimum yang dapat diterima. Hal ini menyebabkan transportasi yang lambat dari oksigen dalam tubuh yang mengarah ke serangan kelesuan, kelelahan konstan, kulit pucat dan dalam beberapa kasus pemblokiran.

Nangka mengandung zat besi yang dapat memerangi kekurangan sel darah merah dalam darah. Kandungan vitamin C lebih memungkinkan penyerapan efektif zat besi dalam tubuh. Dikatakan bahwa semua besi yang Anda dapatkan dari sumber makanan dapat lulus tepat melalui tubuh Anda tanpa diserap jika tidak ada Vitamin C di dalam tubuh. Mineral lain seperti tembaga dan magnesium dalam Nangka meningkatkan kualitas darah.

Kesimpulan


Dari semua kandungan serat manfaat dalam buah nangka ini, akhirnya kita tau bukan hanya rasanya yang enak tapi juga kaya akan manfaat untuk tubuh kita. Demikianlah artikel yang berjudul Manfaat Dari Buah Nangka.

Kategori