Sabtu, 30 Mei 2015

5 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Buah Sirsak. Sirsak adalah tumbuhan berguna yang berasal dari karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sirsak ini sangat populer akan khasiat daunnya untuk kesehatan salah satunya mengatasi kanker.

Pohon sirsak dapat mencapai ketinggian kurang lebih 9 meter, tumbuhan ini dapat tumbuh disembarang tempat, tapi paling baik ditaman di daerah yang berair. Jadi di indonesia pun pohon sirsak dapat ditanam.

Buah sirsak mengandung berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia, mulai dari buahnya, daunnya, bahkan pohonnya. Buah sirsak ini banyak mengandung vitamin C, serat dan nutrisi yang penting lainnya. Untuk melihat kandungan apa saja yang terkandung dalam buah sirsak, simak dibawah ini.

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Manusia

Kandungan Nutrisi Pada Buah Sirsak


Setelah mengetahui secara singkat tentang buah sirsak, sekarang kita akan mempelajari lebih lanjut tentang apa saja yang nutrisi yang terkandung dalam buah sirsak ini. Berikut ini adalah daftar kandungan yang terkandung dalam buah sirsak per 100 gram (Source: Depkes RI 1996)

Nutrisi
Buah Sirsak Per  100 Gram
Kalori
65 cal
Karbohidrat
16.3 g
Serat
3.3 g
Protein
1.0 g
Lemak
0.3 g
Kalsium
14.0 mg
Zat Besi
0.6 mg
Fosfor
27.0 mg
Vitamin A
10 mg
Vitamin B1
0.07 mg
Vitamin B2
NA
Vitamin C
20 mg

Manfaat Buah Sirsak


Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang banyak dalam buah sirsak, tentu anda sudah tau pasti banyak sekali manfaat dari buah sirsak yah. Seperti yang dilansir oleh ireport.cnn buah sirsak memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, apa saja manfaatnya? anda dapat membacanya dibawah ini.

1. Membunuh Parasit Dalam Tubuh Kita
Dengan sejumlah nutrisi yang penting dalam buah sirsak ini ternyata dapat menjadi salah satu untuk membunuh parasit-parasit dalam tubuh kita, dan sekarang pun sirsak ini sudah diekstrak dan dijual ditoko-toko obat.

2. Melawan Radikal Bebas
Kandungan asam askorbat dalam buah sirsak ternyata mampu meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh yang berguna membantu menjaga tubuh dari radikal bebas maupun kanker.

3. Meredakan Sembelit
Kandungan serat dalam buah sirsak ini ternyata mampu mengatasi sembelit, nah bagi anda yang susah dalam buang air besar coba konsumsi buah ini dengan cara mentah atau dijus.

4. Mengobati Luka
Dengan menumbuk halus daun dan di tambah air ternyata mampu membantu mengobati borok dan mengurangi terjadinya iritasi pada luka tersebut.

5. Meredakan Migran
Buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 ternyata sangar efektif dalam meredakan sakit kepala seperti migran.

Kesimpulan


Dengan mengkonsumsi buah sirsak anda akan menemukan banyak sekali manfaat untuk kesehatan anda. Jika ada memiliki masalah kesehatan seperti diatas berarti cobalah untuk mengkonsumsi buah sirsak, entah dijus atau dengan cara lainnya. Demikianlah artikel tentang Manfaat Dari Buah Sirsak.

Kategori