Sabtu, 30 Mei 2015

6 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Buah Belimbing. Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah yang berbentuk unik dan khas ini ternyata berasal dari beberapa negara seperti indonesia, india dan sri langka. Saat ini belimbing sendiri sudah banyak tersebar di penjuru dunia antara lain Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga dan polinesia.

Pohon belimbing memiliki daun majemuk yang panjangnya mencapai 50 cm. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 5 m, tidak seperti pohon lainnya, belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari.

Buah belimbing memiliki warna kuning kehijauan, kalau dalam bahasa inggrisnya buah blimbing ini disebut star fruit karena bentuknya seperti bintang. Buah ini memiliki rasa manis dan sedikit asam karena mengandung banyak vitamin c. Untuk lebih tahu apa saja kandungan yang terdapat dalam buah belimbing ini kita dapat melihatnya di tabel dibawah ini.

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Manusia

Kandungan Nutrisi Pada Buah Belimbing


Buah Belimbing memiliki kandungan nutrisi yang melimpah dan tentunya berguna untuk kesehatan kita. Selain kandungan vitamin C ada beberapa vitamin yang terkandung dalam buah belimbing ini. Anda ingin tahu? nah berikut ini daftar kandungan nutrisi dalam buah belimbing per 100 gram (Source: USDA National Nutrient data base)

Kalori
31 Kcal
Karbohidrat
6.73 g
Protein
1.04 g
Lemak
0.33 g
Kolesterol
0 mg
Serat
2.80 g
Vitamin
Vitamin A
61 IU
Vitamin B1
0.014 mg
Vitamin B2
0.016 mg
Vitamin B3
0.367 mg
Vitamin B6
0.017 mg
Vitamin B9
12 µg
Vitamin C
34.4 mg
Vitamin E
0.15 mg
Vitamin K
0 µg
Elektrolit
Sodium
2 mg
Kalium
133 mg
Mineral
Kalsium
3 mg
Zat Besi
0.08 mg
Magnesium
10 mg
Fosfor
12 mg
Zinc
0.12

Manfaat Buah Belimbing


Setelah kita mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam buah belimbing, tentu kita sudah tahu kan manfaat dari masing-masing kandungan tersebut. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Belimbing mengandung jumlah vitamin C yang banyak, sebanyak 34.4 mg per 100 gram ini tentu sangat baik. Secara umum mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C dapat membantu mengingkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit.

2. Membantu Penyerapan Kolesterol LDL
Kulit dan buah belimbing memberikan jumlah serat yang cukup banyak. Tentu serat berguna untuk membantu sistem pencernaan manusia dan juga membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL makanan dalam usus. Selain itu juga serat membantu melindungi selaput lendir usus besar dari zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

3. Selain itu, buah adalah sumber vitamin B kompleks seperti folat, riboflavin, dan piridoksin (vitamin B-6). Bersama-sama, vitamin ini membantu sebagai co-faktor untuk enzim dalam metabolisme serta dalam berbagai fungsi sintetis dalam tubuh.

4. Hal ini juga mengandung sejumlah kecil mineral dan elektrolit seperti kalium, fosfor, dan seng dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah; dengan demikian, counter pengaruh buruk dari sodium.

5. Belimbing adalah salah satu buah eksotis kalori sangat rendah. 100 g buah hanya menyediakan 31 kalori, yang jauh lebih rendah daripada untuk buah-buahan tropis populer lainnya. Meskipun demikian, ia memiliki daftar mengesankan nutrisi penting, antioksidan, dan vitamin yang diperlukan untuk kesejahteraan.

6. Belimbing kaya antioksidan phyto-nutrisi flavonoid polifenol. Beberapa flavonoid penting adalah quercetin, epicatechin, dan asam galat. Jumlah isi polifenol (Folin assay) dalam buah ini are143 mg / 100 g. Senyawa ini membantu melindungi dari efek merusak dari radikal bebas turunan oksigen oleh menangkal mereka dari tubuh. 

Kesimpulan


Dengan mengkonsumsi buah belimbing anda akan menemukan banyak sekali manfaat untuk kesehatan anda. Jika ada memiliki masalah kesehatan seperti diatas berarti cobalah untuk mengkonsumsi buah belimbing, entah dijus atau dengan cara lainnya. Demikianlah artikel tentang Manfaat Dari Buah belimbing.

Kategori