Rabu, 27 Mei 2015

7 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Dari Buah Apel. Apel atau dalam bahasa latinnya 'Malus domestica' ini ternyata berasal dari asia tengah dimana kata Malus berasal dari malus sieversii. Apel adalah jenis buah-buahan yang dihasilkan dari pohon apel. Buah apel memiliki beberapa warna dari merah, hijau dan kuning. Apel juga memiliki kulit buah yang lembek sedangkan daging buahnya keras dan memiliki beberapa biji didalamnya.

Kini apel berkembang di banyak daerah di dunia ini, Karena apel sendiri dapat tumbuh dengan baik di kawasan-kawasan dengan iklim yang dingin sekali pun. Jadi apel berada hampir disemua negara.

Biasanya apel dimakan secara mentah-mentah, karena kandungan kulit apel yang baik bagi kesehatan. Tapi sekarang apel pun dapat diolah dengan cara di blender membuat apel lebih enak untuk dinikmati.


Kandungan Nutrisi Pada Buah Apel


Dalam buah apel terdapat banyak nutrisi, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. berikut ini adalah daftar kandungan nutrisi pada buah apel per 100 gram : (Source: USDA National Nutrient data base)

Energi
50 Kcal
Karbohidrat
13.81 g
Protein
0.26 g
Total Lemak
0.17 g
Kolesterol
0 mg
Serat
2.40 g

Vitamin
Vitamin A
90 mg
Vitamin C
5 mg
Vitamin E
0,18 mg
Vitamin K
2.2 µg

Mineral
Kalsium
6 mg
Zat Besi
0.12 mg
Magnesium
5 mg
Fosfor
11 mg
Zinc
0,04 mg

Manfaat Buah Apel


7 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Manusia

Setelah mengetehui nutrisi dalam buah apel kita akan mengulas manfaat dari buah apel ini, seperti yang dilansir oleh stylecraze. Buah apel memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan dibawah ini manfaat-manfaat dari buah apel tersebut.

1. Anti Kanker
Buah apel ternyata memiliki kemampuan anti-kanker yang melindungi tubuh dari sel-sel kanker. Menurut penelitian Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research, sepakat untuk mengatakan bahwa mengkonsumsi flavon kaya apel dapat membantu untuk mengurangi resiko terjangkitnya penyakit kanker pankreas hingga 23%. Dan kulit apel menunjukan potensi untuk pertumbuhan kegiatan sel kanker seperti yang diidentifikasikasi oleh para dipeneliti di Cornell University. Jadi jika anda mengkonsumsi apel, alangkah baiknya untuk sekaligus memakan dengan kulit apelnya.

2. Anti Kolesterol
Kandungan serat yang tinggi pada buah apel ternyata memiliki banyak manfaat. Contohnya ketika kita makan apel, serat larut bersaing dengan lemak di usus. Persaungan antara serat dan lemak ini mengakibatkan penurutan penyerapan LDL low-density lipoprotein atau kolesterol jahat dan meningkatkan HDL dalam penyerapan high density lipoprotein atau kolesterol baik. Ini membuktikan bagaimana apel dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

3. Mencegah Diabetes
Manfaat apel lainnya adalah mengatasi diabetes ini karena apel memiliki serat larut yang tinggi, yang merupakan kunci untuk menumpulkan tekanan gula darah. Serat larut yang tinggi, pektin dalam apel membant mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh dengan mengangkut gula ke dalam aliran darah secara lebih lambat. Disarankan untuk mengkonsumsi satu apel perhari untuk wanita, karena 28% lebih lambat mengembangkan diabetes dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi apel.

4. Mencegah Alzheimer
Dalam kasus Alzheimer, sel-sel saraf otak yang rusak ternyata mampu diperbaiki dengan mengkonsumsi jus apel, karena kandungan flavanoid mampu membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Jadi minumlah jus apel untuk mengurangi resiko Alzheimer.

5. Mencegah Asma
Firokimia dan polifenol adalah bahan kimia yang terdapat dalam buah apel memiliki sifat penyembuhan yang dapat membantu seseorang pulih dari asma,. masalah pernapasan dan meningkatkan fungsi dari paru-paru.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang suka mengkonsumsi jus apel secara teratur menunjukan penurunan risiko menderita serangan asma dibandingkan dengan anak-anak yang tidak atau jarang mengkonsumsi jus apel.

6. Gigi Lebih Putih
Dengan menggigit dan mengunyah buah apel ini meningkatkan sekresi air liur di mulut yang menunda terjadinya kerusakan pada gigi dan menjaga gigi tetap sehat

7. Mengontrol Berat Badan
Serat yang terkandung dalam buah apel ini dapat mengisi perut lebih sedikit kalori. Oleh karena itu dengan mengurangi asupan kalori dapat sekaligus membunuh rasa lapar. Hal ini memungkinkan untuk akumulasi lemak yang akan dibakar dan memberikan kontribusi untuk penurunan berat badan.

Kesimpulan


Dengan mengkonsumsi rutin buah apel ternyata mampu untuk memelihara kesehatan tubuh. Bagaimana pun anda mengkonsuminya entah dengan cara mentah ataupun di jus karena yang penting tetap untuk mengkonsumsinya. Demikianlah artikel yang berjudul Manfaat Dari Buah Apel.

Kategori